istilah komputer

GLOSSARY

Sumber: http://support.microsoft.com/default.aspx?scid=%2Fsupport%2Fglossary%2Fa.asp

AC adapter
Sumber daya yang mengubah tegangan dari 110 VAC atau 220 VAC ke tegangan rendah DC, yang dibutuhkan untuk mengoperasikan peralatan elektronik seperti laptop yang tidak mempunyai sumber daya internal
Accelerator card
Papan circuit yang menggantikan atau menguatkan processor computer, sehingga kinerja computer lebih cepat. Accelerator card juga sering disebut Accelerator Board.
ACCESS.bus
Suatu peralatan dua arah yang menghubungkan alat-alat pendukung ke PC. Sebuah Access.bus dapat menghubungkan hingga 125 peralatan pendukung yang berkecepatan rendah, seperti printer, modem, mouse, dan keyboard.
Access time
1. Lama waktu yang diperlukan untuk mengantarkan data dari memory ke processor setelah alamat data dipilih. 2. Waktu yang diperlukan bagi head R/W pada disk drive untuk mencari sebuah track pada disket. Access time biasanya diukur dalam milisekon dan digunakan sebagai tolok ukur kinerja hard disk dan drive CD-ROM.
ACK
Singkatan dari acknowledgment. Sebuah pesan dikirim oleh unit penerima ke computer yang menandakan bahwa computer telah siap untuk menerima transmisi atau bahwa transmisi telah diterima dengan baik.
Add-on
Sebuah hardware, seperti expansion board atau chip yang dapat ditambahkan ke computer untuk meningkatkan kinerjanya. Disebut juga add-in.
Address decoder
Peralatan elektronik yang mengubah alamat numberik untuk dapat memilih lokasi memory pada satu RAM atau lebih.

Antivirus program
Suatu program computer yang menganisa memori computer untuk mengindentifikasi, mengisolasi, atau menghilangkan virus, dan memeriksa apakah fail-fail yang masuk ke komputer mengandung virus atau tidak.
Architecture
Konstruksi atau desain fisik system dan komponen komputer.
Aspect ratio
Pada tampilan dan grafik computer, rasio dari lebar gambar atau area gambar dengan ketinggiannya. Aspek rasio 2:1 misalnya, menunjukkan bahwa sebuah gambar lebarnya 2 kali tingginya. Aspek rasio adalah faktor penting dalam menjaga proporsi yang benar ketika sebuah gambar dicetak, diskala, atau digabungkan dengan dokumen lain.
Attached processor
Prosessor tambahan yang digabungkan pada system computer, seperti keyboard atau prosessor video subsystem.
Audio card
Card yang mengubah sinyal audio analog dari mikropon, audio tape, atau sumber lain menjadi bentuk digital yang dapat disimpan sebagai fail audio, dan mengubah fail audio menjadi sinyal elektrik yang dapat diperdengarkan melalui speaker.
Autorestart
Suatu proses atau fitur dari system yang secara otomatis menyalakan kembali system komputer setelah terjadi error atau lampu mati.
AVI
Singkatan dari Audio Video Interleaved. Sebuah format fail mutimedia pada windows untuk gambar bergerak dan suara yang menggunakan spesifikasi Microsoft RIFF (Resource Interchange File Format).
Bad sector
Suatu sektor disket yang tidak dapat digunakan untuk menyimpan data, biasanya karena kerusakan media.
Baud rate
Kecepatan modem untuk mengirimkan data.

Bidirectional parallel port
Interface yang mendukung komunikasi parallel dua arah antara suatu alat dengan komputer.
BIOS
Singkatan dari Basic Input/Output System. BIOS disimpan pada Read-only Memory (ROM) sehingga dapat dijalankan pada saat computer dinyalakan. Walaupun BIOS merupakan hal yang sangat penting, tetapi biasanya tidak tampak pada pengguna computer.
Bootable
Berisi file system yang diperlukan untuk menyalakan komputer dan menjalankannya.
Boot disk
Floppy disk yang berisi system kunci yang dapat menyalakan computer. Boot disk harus dimasukkan kedalam drive utama (biasanya drive A: ) dan digunakan ketika ada permasalahan saat menyalakan computer.
bps
Singkatan dari bits per second. Kecepatan dari suatu alat seperti modem untuk memindah data. Kecepatan dalam bps tidak sama dengan baud rate.
Burn
Menulis data secara elektronik ke suatu programmable read-only memory (PROM) dengan menggunakan alat khusus yang disebut PROM programmer, PROM blower, atau PROM blaster. Istilah ini juga sering dimaksudkan sebagai menciptakan read-only memory compact discs (CD-ROMs).
CD recorder
Sebuah alat yang digunakan untuk menulis CD-ROMs. Karena sebuah disket hanya dapat ditulis sekali pada alat ini, maka biasanya penggunaan alat ini untuk tujuan arsip atau data master yang dapat diduplikasikan secara masal.
CD-ROM
Singkatan dari Compact Disc Read-Only Memory. Kapasitas penyimpanan tinggi (sekitar 650 megabytes) dan penggunaan optic laser daripada magnet dimaksudkan untuk membaca data.
Compact Disc
Media penyimpanan optic untuk data digital, biasanya audio. Compact disc dapat meyimpan suara rekaman hingga 74 menit.

Compatibility
Tingkat dimana sebuah komputer, alat-alat pendukung, fail data, dan program dapat bekerja bersama.
Copyright
Metode untuk melindungi hak pembuatan karya kreatif, seperti teks, musik, lukisan, atau program computer, secara hukum.
Device driver
Software yang memungkinkan system computer untuk berkomunikasi dengan sebuah alat. Banyak peralatan, terutama video adapters pada PC tidak dapat bekerja dengan baik tanpa diinstal driver yang sesuai terlebih dahulu.
Disk partition
Partisi pada fisik disk drive. Satu buah disk dapat mempunyai 2 atau lebih partisi, masing-masing diberi nama yang berbeda.
DNS server
Sebuah komputer yang dapat menjawab permintaan Domain Name Service (DNS). DNS Server menyimpan database dari computer host dan dari computer yang mempunyai IP address yang sesuai.
EEPROM
Singkatan dari Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory. Sebuah tipe EPROM yang dapat dihapus dengan sinyal listrik. Sangat berguna untuk penyimpanan dalam jangka waktu lama tanpa listrik, sementara masih dapat diprogram ulang. EEPROM mempunyai memori yang lebih kecil daripada RAM, memakan waktu yang lebih lama untuk memrogram ulang, dan dapat diprogram ulang hanya beberapa kali sebelum dibuang.
Emulation
Proses computer, peralatan, atau program yang menduplikasi fungsi dari computer , peralatan, atau program lain.
EPROM
Singkatan dari erasable programmable read-only memory. Sebuah chip memori yang deprogram setelah diproduksi. EPROM dapat diprogram ulang dengan menghilangkan proteksinya dari atas chip dan membiarkan chip dibawah sinar ultraviolet. Walaupun EPROMS lebih mahal daripada PROM, tetapi dapat lebih effektif apabila dibutuhkan banyak perubahan yang dibutuhkan.
FTP server
Sebuah server fail yang menggunakan File Transfer Protocol untuk memungkinkan pengguna untuk upload atau download fail melalui internet atau jaringan TCP/IP lain.
Grafik coprocessor
Mikroprocessor khusus yang terdapat di dalam beberapa adaptor video tertentu, yang dapat menghasilkan gambar grafis tertentu seperti garis dan fill area hasil perintah dari CPU.

Kernel
Inti dari sebuah system operasi, bagian dari system yang mengatur memori, file, dan peralatan pendukung, mengatur waktu dan tanggal, membuka aplikasi, dan menemukan sumber system.
Memory management
Dalam system operasi untuk personal computer, prosedur untuk optimalisasi penggunaan RAM (random access memory).
MMX
Singkatan dari Multimedia Extension. Peningkatan arsitektur Prosessor Intel Pentium yang meningkatkan kinerja aplikasi multimedia dan komunikasi
MPEG
Singkatan dari Moving Pictures Experts Group. Serangkaian standar untuk kompresi audio video yang dibuat oleh Joint ISO/IEC Technical Committee on Information Technology. Terdapat beberapa jenis standar MPEG yang didesain untuk situasi yang berbeda. 2. Sebuah fail video/audio pada format MPEG. Biasanya mempunyai ekstension .mpg.
NetBIOS
Aplikasi pemrograman antarmuka yang dapat digunakan oleh program aplikasi pada local area network yang terdiri dari IBM dan n. An application programming interface (API) that can be used by application programs on a local area network consisting of IBM and compatible microcomputers running MS-DOS, OS/2, or some version of UNIX. Primarily of interest to programmers, NetBIOS provides application programs with a uniform set of commands for requesting the lower-level network services required to conduct sessions between nodes on a network and to transmit information back and forth. See also application programming interface.
NIC
Singkatan dari Network Interface Card. 2. Singkatan dari Network Information Center. Sebuah organisasi yang menyediakan informasi tentang jaringan dan alat-alat pendukung lain bagi pengguna jaringan.
PC Card
Trademark dari Personal Computer Memory Card International Association (PCMCIA) yang digunakan untuk menjabarkan card tambahan yang sesuai dengan spesifikasi PCMCIA. PC Card bersifat removable, berukuran fisik kurang lebih sama dengan kartu kredit, yang didesain untuk dapat masuk ke dalam PCMCIA slot.
Preventive maintenance
Service rutin hardware yang dimaksudkan untuk menjaga agar peralatan tetap bekerja dalam kondisi baik dan untuk menemukan dan memperbaiki permasalahan sebelum menjadi lebih besar.
Proxy server
Komponen firewall yang menangani lalulintas internet dari dan menuju LAN, dan mempunyai fitur-fitur lain seperti caching dokumen dan akses control.
QuickTime
Ekstensi multimedia untuk software Apple Macintosh System 7, juga tersedia untuk Windows. QuickTime dapat mensinkronisasi hingga 32 track suara, video, atau MIDI atau output control lain.
Router
Peralatan untuk komunikasi jaringan yang mempercepat pengiriman pesan.
TCP/IP
Singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Sebuah protokol yang dibuat dalam sistem UNIX, untuk komunikasi antar computer, dan telah menjadi standard de facto untuk transmisi data antar jaringan, termasuk internet.
Wireless LAN
Sebuah local area network (LAN) yang mengirim dan menerima data via radio, sinyal optic infra merah, atau teknologi lain yang tidak memerlukan koneksi fisik dengan hub. Wireless LANs sering digunakan dalam kantor atau suatu pabrik dimana pengguna diharuskan membawa computer portable dari satu tempat ke tempat lain.

~ oleh photocolection pada April 28, 2009.

Satu Tanggapan to “istilah komputer”

  1. tambahin lagi, bro!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: